Beli Rumah Baru atau Bekas? Simak Keuntungannya! | Vertihouse Land

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer yang berfungsi sebagai tempat tinggal. Setiap orang menginginkan rumah yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga dalam pembangunannya perlu memperhatikan luas lahan dan denah rumah terlebih dahulu. Hal ini untuk menentukan jumlah kamar dan ruangan-ruangan yang akan dibuat. Menariknya rumah sederhana dengan fungsi yang maksimal banyak diminati masyarakat saat ini. Artikel ini akan membahas denah rumah sederhana beserta desain rumah sederhana, sketsa dan cara membuatnya untuk inspirasi hunian tahun 2022. Namun sebelum membahasnya, mari pahami prinsip dari rumah sederhana itu sendiri. 

Prinsip Rumah Sederhana

Konsep rumah sederhana pada dasarnya mengutamakan nilai fungsional dan efisiensi. Konsep ini sangat direkomendasikan untuk diterapkan pada lahan yang terbatas. Dengan begitu kamu harus paham betul hal-hal yang diperlukan untuk memaksimalkan lahan yang ada sesuai dengan kebutuhan. Denah rumah sederhana tapi mewah ini sengaja dibuat agar setiap ruangan tidak terasa sempit walaupun fungsi nya sangat maksimal. Membuat denah rumah sederhana yang maksimal bukanlah hal mudah, tapi juga bukan hal yang sulit jika kamu mengetahui caranya yang akan dibahas berikut ini.

8 Cara Membuat Denah Rumah Sederhana yang Maksimal

Denah perlu dibuat untuk menunjukkan posisi setiap ruangan dalam sebuah bangunan secara visual. Membuat denah bukan hal yang mudah jika kamu tidak memiliki background arsitektur. Jangan khawatir, karena hal ini dapat dipelajari juga loh! Berikut ini cara membuat denah rumah sederhana yang maksimal ala Vertihouse Land Juanda.

1. Kumpulkan Referensi yang Dibutuhkan

Sebelum kamu mulai membuat denah rumah sederhana yang maksimal, kamu perlu mengumpulkan beberapa contoh denah yang dapat dijadikan referensi selama proses pembuatan. Hal ini perlu dilakukan agar pembuatan denah sesuai dengan keinginan. Sedikit improvisasi tidak masalah selama masih mengacu pada contoh yang dijadikan referensi awal. Hal ini juga akan berpengaruh pada biaya dan budget pembangunannya, seperti contohnya membangun rumah dengan 1 lantai tentunya akan lebih kecil biayanya daripada rumah dengan 2 lantai. Selain itu hal ini jelas mempengaruhi proses membuat denah seluruh rumah. Jika kamu memilih  rumah sederhana 1 lantai, kamu dapat dengan cepat menggabungkan semua ruangan dengan semua denah lantai. Namun berbeda dengan denah rumah 2 lantai. Dalam denah lantai dua, denah lantai atas dan denah lantai pertama harus di gambar secara terpisah.

2. Buatlah Daftar Aktivitas

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan daftar aktivitas yang perlu kamu dan anggota keluarga lakukan di ruangan. Seperti contohnya, kamu dan keluargamu gemar berolahraga, maka kamu perlu menyisihkan satu ruangan baik indoor maupun outdoor untuk dapat melakukan kegiatan tersebut nantinya. Dalam proses ini terkadang kamu perlu melibatkan diskusi dengan anggota keluarga mu. Tidak menutup kemungkinan kamu akan menggabungkan satu ruangan dengan beberapa aktifitas, hal ini wajar terjadi mengingat dalam menentukan daftar aktivitas perlu disesuaikan dengan luas lahan dan prinsip rumah sederhana.

3. Tentukan Jumlah Ruangan

Setelah menentukan daftar aktivitas, langkah kedua dalam membuat denah rumah adalah menentukan jumlah lantai dan  ruangan yang akan dibuat. Kamu dapat mengukur ruang yang ada dan membagi ruang sesuai kebutuhan. Hal ini dilakukan ketika bangunan sudah ada. Sementara itu, jika bangunannya belum ada, kamu dapat mendesain denahnya sesuai dengan lokasi dan luas bidang tanah yang akan dibangun rumah tersebut. Dalam menentukan hal ini terkadang perlu diperhitungkan berdasarkan total atau jumlah anggota keluarga. Beberapa orang merasa perlu untuk melebihi satu kamar tidur untuk tamu. Contohnya, jika kamu membangun rumah untuk keluarga kecil, dengan 1-2 orang anak, rumah dengan 2 kamar bisa jadi solusi simple untukmu. Namun, tidak ada salahnya untuk membangun rumah dengan 3 kamar untuk mempersiapkan jika kamu menerima tamu yang menginap. Tidak perlu khawatir karena di artikel ini kami akan memberikan beberapa pilihan denah rumah sederhana 2 kamar dan denah rumah sederhana 3 kamar untuk referensimu.

4. Pelajari Ukuran yang dibutuhkan Masing-masing Ruangan

Setelah kamu tahu jumlah kamar yang kamu butuhkan, sekarang kamu perlu menghitung luas setiap kamar. Pelajari tentang setiap ruangan dan kebutuhannya, mulai dari ukuran standar  setiap ruangan hingga apakah ruangan membutuhkan bukaan untuk pintu. Misalnya, kamar tidur utama menempati lebih banyak ruang daripada kamar tidur lainnya. Seberapa besar kamar mandi untuk menampung pancuran atau bak mandi? Berapa banyak kendaraan yang perlu ditampung oleh garasi yang diinginkan? Pertanyaan-pertanyaan ini hanyalah sebagian kecil dari pertimbangan dalam mempelajari bagaimana membuat denah rumah. Tentunya hal ini juga perlu disesuaikan  dengan ketersediaan lahan yang kamu miliki.

5. Ketahui dan Ukur Lahan Tanah

Mulailah dengan mengukur pintu, dinding, dan furniture terkait sehingga denah rumah yang kamu buat lebih akurat jika bangunan sudah dibangun. Jika kamu membangunnya di atas tanah kosong, itu akan diperlakukan berbeda. Oleh karena itu, pastikan seluruh ruangan yang akan dibangun sesuai dengan total luas lahan tanah. Kamu dapat melihat bangunan lain di area tersebut sebagai referensi dan perkiraan kasar dari rencana yang akan kamu buat nanti.

6. Buat Zonasi Ruangan

Langkah membuat denah rumah selanjutnya adalah dengan mengatur zonasi ruangan. Yang dimaksud dari zonasi ini adalah kamu harus mengatur letak ruangan sesuai dengan fungsinya. Misalnya, hindari menempatkan kamar mandi berdekatan dengan ruang tamu karena bisa mempengaruhi kenyamanan tamu yang sedang berkunjung. Untuk rumah dengan 2 kamar yang dibuat di lantai atas apakah tidak masalah? Dengan begitu zonasi ruangan perlu diperhatikan saat kamu membuat denah rumah yang maksimal. Kamu perlu memperhatikan area mana saja yang memiliki privasi dan area mana yang dapat dilalui tamu maupun penghuni nya. Pastikan juga setiap zona tidak saling mengganggu antara zona satu dengan zona lainnya. Contohnya zona privat adalah kamar mandi dan kamar tidur yang mana tidak sembarang orang dapat masuk, sedangkan untuk zona umum contohnya adalah dapur dan ruang tamu. Apalagi, jika kamu membuat denah rumah 2 lantai, akan lebih mudah membagi zonasi privat dan umum. Kamar tidur biasanya terletak di lantai atas, yang merupakan area pribadi rumah.

7. Mulai Membuat Denah Dasar

Cara untuk membuat denah rumah selanjutnya adalah dengan menghubungan antar ruangan dalam denah. Komponen denah hanya bisa menjadi garis-garis sederhana untuk menggambarkan seperti apa denah itu. Cara membuat denah dasar adalah dengan memainkan garis tebal dan tipis. Kamu bisa membuatnya dengan sudut pandang yang memudahkanmu dan tim yang akan membangun nya, seperti tampak atas. Meskipun tampilannya sederhana, denah dasar sangat membantu kamu dalam mendapatkan gambaran kasar tentang seperti apa struktur rumah itu pada akhirnya. 

8. Gambar Denah Secara Spesifik

Setelah semua proses di atas sudah dilakukan, tahap akhir cukup menyenangkan walaupun sebenarnya memerlukan detail yang lebih tinggi karena kamu perlu menambahkan detail teknis.  Detail sketsa rumah ini memerlukan detail notasi, ukuran dan detail arsitektur lainnya. Metode sketsa rumah ini mencakup detail arsitektur seperti ketebalan dinding, tinggi lantai, simbol material, simbol bukaan, simbol jendela, dan lainnya. Sketsa rumah dapat dibuat dengan cara ini dan tidak selalu terlihat dari bagian depan rumah. Dalam tahap ini juga kamu perlu menggabungkan furniture dengan ukuran sebenarnya yang diperkecil sesuai dengan perbandingan luas lahan. Ingatlah untuk memperhatikan arah yang benar untuk menghindari kebingungan. Kamu juga perlu beri nama pada setiap ruangan di denah rumah yang kamu buat lengkap dengan deskripsi bahan dan ukuran.

Prinsip Denah Rumah yang Baik

Rumah sederhana biasanya dibangun untuk memaksimalkan fungsi rumah walaupun dibangun diatas lahan yang terbatas. Oleh karena itu, diperlukan kreativitas untuk memaksimalkan setiap ruangannya. Hal ini berkaitan erat dengan pembuatan denah rumah yang efektif. Untuk membuat denah rumah yang baik, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:

1. Penempatan Bukaan Pada Rumah

Penempatan bukaan pada rumah seperti pintu, jendela dan kanopi yang baik akan mempengaruhi sirkulasi udara dan masuknya sinar matahari. Hal ini tentunya sangat penting dimaksimal untuk kepentingan kesehatan dan kenyamanan. Untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik, buatlah langit-langit atau atap yang cukup tinggi dan bukaan kecil diatas jendela untuk bergantinya udara didalam ruangan.

2. Tata Ruang yang Ideal dan Strategis

Tata ruang yang ideal adalah penataan ruang yang dibuat untuk menunjang aktivitas dan memberi kenyamanan pada penghuninya. Misalnya supaya kamu bisa menikmati hidangan dengan nyaman di ruang makan, maka kamu perlu mendesain kamar mandi yang tidak menghadap ke ruang makan tersebut.

3. Menyisihkan Ruang Multifungsi

Beberapa orang merasa perlu untuk menyisipkan ruangan cadangan yang multifungsi. Persis seperti namanya, ruangan ini akan sangat berguna jika sewaktu-waktu kamu perlu menggunakannya untuk kebutuhan yang berbeda. Misalnya ruang keluarga yang bisa diubah menjadi kamar tidur bersama saat banyak rekan atau saudara yang berkunjung.

4. Ukuran Ruangan yang Ideal

Dengan ruangan yang terukur dan ideal, kamu bisa mempertimbangkan berapa orang yang bisa menguni ruangan tersebut. Selain itu ruangan yang ideal juga disesuaikan dengan furniture yang akan digunakan di ruangan tersebut. Apakah masih tersisa ruang untuk beraktivitas dengan furniture dan jumlah orang yang akan menghuninya?

Denah Rumah Sederhana

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rumah sederhana pada umumnya dibangun dengan mengedepankan fungsionalitas pada setiap ruangannya. Beberapa denah rumah sederhana dibawah ini tentunya bisa menjadi pilihan referensi hunian kamu tahun 2022 loh! Berikut ini adalah 10 denah rumah sederhana yang telah kami rangkum menjadi 3 kategori.

1. Denah Rumah Sederhana 1 Lantai

Kategori pertama adalah denah rumah sederhana 1 lantai. Meskipun didirikan di dilahan yang cukup kecil, secara fungsi nya 3 pilihan denah dibawah ini cukup maksimal dan tetap memberikan kesan mewah.

1.1. Denah Rumah Sederhana 1 Kamar

Foto: pinterest.com

Denah rumah seperti ini banyak diminati pasangan muda yang baru memulai rumah tangga. Rumah dengan layout seperti ini dapat dihuni keluarga kecil yang baru menikah dan belum memiliki buah hati. Kamu bisa membuat rumah sederhana ini tampak mewah dengan menambahkan furniture yang akan mempercantik ruangan keluarga.

1.2. Denah Rumah Sederhana 2 Kamar

Foto : pinterest.com

Rumah dengan layout seperti ini dapat dihuni keluarga kecil berjumlah 3-4 anggota keluarga. Satu kamar dijadikan kamar orang tua, sedangkan kamar satunya dapat dijadikan kamar anak-anak. Ruang keluarga juga cukup luas untuk tempat berkumpulnya keluarga kecil ini.

1.3. Denah Rumah Sederhana 3 Kamar

Foto : pinterest.com

Rumah dengan layout seperti ini memiliki ukuran yang sangat pas dan cocok untuk kamu yang sudah mempunyai 2 orang anak atau dapat juga digunakan sebagai kamar tamu. Tentunya perlu diimbangi dengan jumlah toilet mengingat jumlah anggota keluarga yang menempati rumah tersebut.

2. Denah Rumah Sederhana 2 Lantai

Kategori selanjutnya adalah denah rumah sederhana 2 lantai. Salah satu cara untuk memperbanyak ruangan dengan lahan yang terbatas adalah dengan membuatnya menjadi 2 lantai seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

2.1. Denah Rumah Sederhana 2 Kamar

Foto : pinterest.com

Contoh pertama untuk denah rumah sederhana 2 lantai ini terdiri dari 2 kamar tidur yang dilengkapi dengan 1 toilet di  masing-masing lantai nya. Dengan 1 ruang keluarga, penghuni di lantai 2 bisa menikmati quality time bersama keluarga di lantai 1.

2.2. Denah Rumah Sederhana 3 Kamar

Foto : pinterest.com

Denah rumah sederhana 2 lantai selanjutnya terdiri dari 3 kamar tidur dan satu garasi mobil di lantai 1. Secara fungsi nya lantai 2 di fokuskan untuk kamar tidur, sedangkan lantai 1 difokuskan untuk tempat berkumpulnya keluarga. Kamu bisa membuat rumah sederhana ini tampak mewah dengan menambahkan furnitur yang akan mempercantik ruangan keluarga.

2.3. Denah Rumah Sederhana dengan Halaman Luas

Foto : pinterest.com

Untuk kamu yang senang bercocok tanam dan berkebun, denah rumah ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Rumah dengan layout seperti ini juga dapat memberikan rasa leluasa pada penghuni nya berkat lahan hijau dan baik untuk pergantian udara di sekitar rumah.

3. Denah Rumah Sederhana dengan Lahan yang Unik

Kategori terakhir adalah denah rumah sederhana dengan lahan yang unik. Tidak semua lahan berbentuk persegi atau persegi panjang. Banyak juga diantaranya rumah yang dibangun di lahan yang kurang beraturan, namun dengan perencanaan denah yang baik tentunya rumah ini memiliki keunikan tersendiri dari rumah-rumah lainnya.

3.1. Denah Rumah Sederhana dengan Lahan Memanjang

Foto : pinterest.com

Contoh pertama untuk denah rumah sederhana dengan lahan unik adalah denah rumah dengan lahan memanjang. Rumah dengan layout seperti ini sangat cocok untuk untuk kamu yang memiliki lahan memanjang ke belakang. Di lahan seperti ini bahkan kamu bisa membangun 3 kamar tidur lengkap dengan garasi mobil di lantai yang sama.

3.2. Denah Rumah Sederhana dengan Lahan Letter L

Foto : pinterest.com

Denah rumah dengan lahan yang unik selanjutnya adalah rumah dengan lahan letter L. Walaupun sekilas lahan ini terlihat sempit, namun rumah ini dapat dihuni 3-4 orang didalam nya. Kamu juga bisa mambangun 2 kamar mandi dan ruang keluarga yang cukup luas.

3.3. Denah Rumah Sederhana dengan Berbentuk Segi Tiga

Foto : pinterest.com

Tidak perlu khawatir jika lahan yang kamu miliki terdapat di pojok komplek seperti ini. Kamu tetap bisa membangun rumah sederhana dengan maksimal. Kamu bisa membangun 2 kamar tidur dan 2 toilet meskipun dibangun di lahan yang kurang simetris seperti ini.

3.4. Denah Rumah Sederhana dengan Lahan Tak Tentu

Foto : pinterest.com

Denah terakhir yang akan dibahas di artikel ini adalah denah desain rumah sederhana dengan lahan tak tentu yang sangat unik. Rumah dengan layout seperti ini cocok sekali untuk kamu yang memiliki keluarga cukup besar. Kamu bisa membangun 3 kamar tidur, 2 toilet dan 2 ruang keluarga yang cukup besar tanpa mengurangi sisi fungsional nya.

Itulah beberapa denah rumah sederhana dan cara membuatnya yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam membangun tempat tinggal kamu dan keluarga. Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di website kami dan kamu bisa kontak kami untuk tau seputar properti dari Vertihouse Land Juanda ya!