9 Desain Taman Modern Untuk Rumah Minimalis | Vertihouse Land

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempercantik tampilan rumah, dapat kamu lakukan dengan mendesain pagar yang unik, mengecat rumah dengan warna yang sedang tren dan dapat juga dengan membuat taman depan rumah. Saat kamu tinggal di perkotaan padat memilih membuat taman rumah minimalis merupakan pilihan yang sangat cocok, karena keberadaan taman akan membuat rumah kamu memiliki sedikit kesegaran. 

Kamu tidak memerlukan lahan yang luas, taman depan rumah dapat kamu bangun pada rumah minimalis lahan sempit. Walaupun kamu membangun taman depan rumah sederhana, namun hal tersebut akan merubah suasana rumah menjadi beda. Terdapat banyak manfaat jika kamu membangun taman depan rumah, terlebih lagi jika kamu tinggal di perkotaan padat penduduk. Taman dirumah kamu akan membawa suasana yang lebih tenang untuk rumah. 

Simak beberapa referensi dari Verti untuk bangun taman depan rumah minimalis !

1. Taman Kecil dengan Batu Alam

taman depan rumah minimalis

sumber : roosterrubber.com

Jika kamu adalah tipe orang yang sangat sibuk dan tidak sempat untuk merawat taman namun ingin memiliki taman dirumah. Mungkin desain taman pada gambar diatas akan cocok untuk kamu. Taman kecil depan rumah akan membangun mood yang baik untuk kamu yang sibuk bekerja seharian penuh. 

Desain taman ini dapat kamu kombinasikan dengan berbagai tanaman, ditambah dengan batu alam yang cantik. Taman kecil ini didesain dengan miniatur jalan setapak yang biasanya ada pada taman yang cukup luas, jalan setapak itu akan memberikan kesan taman yang kamu miliki juga cukup besar.

2. Kombinasikan Rumput dan Pohon

taman depan rumah minimalis

sumber ; tianggadha.com

Kamu bisa mendesain taman depan rumah minimalis dengan mengkombinasikan rumput, tanaman, batu alam dan pohon. Elemen – elemen tersebut akan membuat suasana rumah kamu menjadi sangat sejuk. 

Kamu bisa juga mengkreasikan desain taman ini dengan menambah jalan setapak di bagian atas rerumputan. Karena desain taman ini lumayan besar kamu juga bisa menambahkan berbagai macam pohon untuk menambah menambah suasana sejuk di bagian halaman depan.

3. Konsep Batu Warna Putih

taman rumah minimalis

sumber : decorhomeideas.com

Kamu bisa memadukan tanaman hias dengan batu alam berwarna putih agar senada dengan desain rumah minimalis. Walaupun taman ini terlihat simple namun sangat cocok untuk kamu  yang mempunyai rumah dengan lahan yang sempit. Untuk kamu yang memiliki rumah dengan lahan yang tidak terlalu luas maka desain ini dapat kamu adaptasi sebagai alternatif membangun taman rumah minimalis lahan sempit.

4. Tanaman dengan Pot Kayu 

taman depan rumah minimalis lahan sempit

sumber : pinterest

 Pada 3 tahun kebelakang ini, tanaman hias memiliki popularitas yang tinggi, nah apakah kamu salah satu yang juga menggandrungi salah satu tanaman hias? Jika ya kamu harus coba salah satu desain taman taman dengan tanaman hias menggunakan pot kayu. Desain ini akan memberikan kesan klasik dari kayu dan sekaligus mewah karena diisi oleh tanaman hias yang cantik. 

5. Taman Mengelilingi Rumah

taman rumah minimalis

sumber : apartmenttheraphy.com

Salah satu referensi taman yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki rumah di lahan yang sempit. Taman rumah minimalis lahan sempit ini dapat kamu desain dengan mengkombinasikan tanaman yang menurut kamu cocok dengan konsep rumah dan warna cat rumah. Taman ini didesain mengelilingi bagian pinggir rumah sehingga tidak membutuhkan lahan yang begitu luas untuk membangun desain taman ini.

6. Membuat Mini Kebun Bunga

taman kecil depan rumah

sumber : pinterest

Siapa sih yang tidak suka melihat rumahnya indah dan dipenuhi dengan bunga. Jika kamu terpana melihat desain taman pada gambar diatas maka tunggu apalagi, segera bangun taman indah ini untuk rumah minimalis kamu. Taman depan rumah sederhana ini dapat kamu bangun walaupun di lahan sempit loh. 

7. Bertingkat Mengikuti Tangga

taman kecil depan rumah

sumber : secretgardens.com.au

Untuk kamu yang memiliki desain rumah minimalis dengan tangga didepan rumah maka desain taman depan rumah minimalis ini akan cocok berada didepan rumah kamu. Menggunakan semen sebagai pot lalu kamu bisa menambahkan pohon dan juga tanaman yang disusun mengikuti naik turunnya tangga. Desain taman ini terlihat lebih modern dan akan memberi kesan sangat sejuk untuk rumah kamu karena pot memiliki kapasitas yang lumayan besar untuk ditaruh cukup banyak tanaman. 

8. Taman Kecil Depan Rumah dengan Pot Gantung

taman minimalis gantung

sumber : worldofsucculents.com

Jika kamu kebingungan dengan lahan yang terlalu sempit dan tidak mempunyai tempat untuk membangun taman, maka jangan khawatir, kamu bisa kok memanfaatkan pot gantung untuk menambahkan unsur kesegaran untuk rumah kamu. Gunakanlah pot gantung jika memang tidak memungkinkan membangun taman karena lahan yang terlalu sempit.

9. Tanaman Rambat yang Modern

taman rambat depan rumah modern

sumber : hedge.co.nz

Biasanya tanaman rambat tumbuh dengan sendirinya didinding rumah. Namun di zaman modern kini tanaman rambat dapat dibuat lebih cantik lagi yaitu dengan ditata sebagus dan semenari mungkin. Kamu juga bisa loh mengganti tanaman rambat biasa dengan bunga ataupun buah. 

Desain taman rambat ini dapat kamu implementasikan juga di rumah yang lahannya sempit. Karena taman minimalis depan rumah ini hanya membutuhkan dinding untuk tanamannya tumbuh.

Membangun Taman Menggunakan Jasa Tukang VS Membangun Sendiri

Kamu bisa memilih untuk membangun taman dengan menggunakan jasa tukang atau mendesain taman kamu sendiri, tinggal di sesuaikan saja dengan desain dan budget yang kamu mau, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya, simak di bawah ini.

Menggunakan Jasa Tukang

  • Hemat waktu dan tenaga : Untuk para pekerja yang memiliki sedikit waktu luang, maka menggunakan jasa tukang pasti akan memudahkan untuk membangun taman depan rumah minimalis kamu. 
  • Selain dapat menghemat waktu menggunakan jasa tukang juga akan menghemat tenaga kamu yang sudah terkuras saat bekerja. Ini akan sangat memudahkan kamu untuk dapat mendapatkan taman yang kamu mau. 
  • Lebih berpengalaman : Pemahaman tukang soal desain, material dan visual sudah jauh lebih ahli dari pada kita, maka dari itu lebih baik percayakan saja pada ahlinya.
  • Terdapat garansi : saat taman sudah dibangun dan kamu kurang suka dengan hasil akhirnya, kamu bisa meminta tukang untuk memperbaiki bagian yang tidak kamu suka.

Mendesain Sendiri 

  • Lebih murah : Karena membangun sendiri pastinya ada harga yang bisa amu potong yaitu pembayaran tukang, jadi jika kamu tidak mempunyai budget untuk membayar tukang maka kamu bisa menggunakan opsi mendesain taman depan minimalis kamu sendiri.
  • Dapat didesain dengan kemauan kita sendiri : Karena dikerjakan oleh diri sendiri maka kamu bisa dengan bebas mendesain taman yang kamu mau.
  • Tidak ada garansi hasil taman : Jika kamu berencana untuk membangun taman milik kamu sendiri maka kamu harus paham akan konsekuensinya, karena hasil akhir taman yang kamu kerjakan tidak terdapat garansi dari manapun.

List Material dan Harga Tukang Membangun Taman Minimalis Depan Rumah

Dilansir dari garden-style.top rincia pekerjaan dan biaya jasa tukang yang dikerjakan oleh 5 orang adalah :

  • Menanam tanaman/pohon/rumput
  • Perataan tanah 
  • Membersihkan taman 

Jika harga pengerjaan per harinya adalah Rp. 200.000 maka perhitungannya akan seperti ini :

  • Jumlah pekerja x biaya per hari

5 pekerja x 200.000 = 2.000.000

Maka untuk mmebangun taman dengan 5 pekerja selama 2 hari adalah 2 juta rupiah, ini hanya biaya tukang belum material yang akan digunakan.

  • List material yang harus disiapkan :
  1. Tanah
  2. Tanaman /rumput/pohon
  3. Pot gantung (jika berencana menggunakan tanaman gantung)
  4. Penyiram otomatis
  5. Baja ringan (untuk tanaman gantung)

Itu merupakan material fundamental yang perlu disiapkan, untuk material lain seperti batu alam dan air mancur dapat ditambahkan ke list kamu untuk membangun taman sesuai keinginan.

Berikut adalah referensi desain taman depan rumah minimalis dan taman depan rumah sederhana, kamu bisa memilih desain yang kiranya cocok dengan konsep rumah dan budgeting kamu. 

Suharyani Haris

Suharyani Haris

Author

Focus on SEO & Social Media
Iqbal Azhar Ramadhan

Iqbal Azhar Ramadhan

Editor

Digital Consultant | Specialist in SEO & Performance Marketing