4 Inspirasi Model Tangga Rumah Minimalis Untuk Rumah Kecil | Vertihouse Land

Memiliki tanah yang tidak terlalu luas tapi ingin membangun rumah? Kamu bisa merealisasikannya dengan membangun rumah 2 lantai, atau saat ini kamu memiliki rumah minimalis 1 lantai dan ingin memperluas rumah namun lahannya terbatas, maka kamu dapat membangun rumah menjadi 2 lantai. Saat membangun rumah tingkat pasti kamu akan dihadapkan dengan pemilihan model tangga. 

Rumah minimalis kamu akan terlihat lebih estetik jika memilih model tangga rumah minimalis 2 lantai yang pas dan tepat. Selain menjadi penghubung rumah antara lantai 1 dan lantai 2, tangga rumah dapat mempercantik tampilan rumah kamu. Jika kamu salah memilih model tangga di rumah yang kecil, hal itu akan memperburuk tampilan rumah, rumah akan terlihat makin sempit, berantakan dan sumpek. Maka dari itu simak artikel ini untuk melihat inspirasi tangga rumah minimalis agar kamu tidak salah memilih model tangga rumah kesayangan.

Macam-macam model tangga rumah minimalis 

1. Tangga Linear

model tangga rumah minimalis terbaru

sumber : pinterest

Bentuk tangga yang paling umum digunakan di berbagai konsep rumah. Tangga ini berbentuk lurus dari bawah ke atas. Cocok untuk rumah sempit karena desain tangga rumah minimalis ini posisinya menempel di tembok, sehingga tidak akan memakan banyak ruang di rumah kamu. Karena tidak memakan banyak ruang, kamu dapat memanfaatkan spacenya untuk digunakan dengan hal lain. Berikut macam-macam desain model tangga rumah minimalis linear.

  • Flying stairs 

model tangga rumah minimalis flying stairs

sumber : pinterest

Flying stairs atau floating stairs merupakan salah satu model tangga rumah minimalis yang populer digunakan. Tangga ini didesain tanpa penutup di bagian belakangnya, sehingga memberi efek melayang pada setiap anak tangganya. Flying stairs dapat dibangun menggunakan railing dan dapat juga tanpa railing. Walaupun terlihat simple namun tangga ini akan membuat rumah kamu terlihat sangat estetik.

  • Tangga dengan lemari penyimpanan

model tangga rumah untuk ruangan sempit

sumber : pinterest

Desain tangga ini merupakan tangga minimalis modern untuk kamu yang memiliki ruangan sangat terbatas atau menyukai pemanfaatan ruang yang maksimal. Jadi tangga ini didesain dengan model linear dengan lemari penyimpanan yang dibuat dibawah tangga tersebut. Tidak hanya lemari penyimpanan tapi kamu juga bisa mendesain bagian bawah tangga kamu menjadi ruangan tambahan. 

  • Tangga yang tidak terlalu landai

model tangga rumah minimalis

sumber : pinterest

Terdapat berbagai cara untuk meminimalisir penyempitan ruangan, salah satunya yaitu dengan mendesain tangga menuju lantai 2 yang efisien, tangga ini didesain tidak terlalu landai agar tidak memakan banyak space. Tangga ini sedikit lebih tegak dibandingkan tangga linear pada umumnya. 

  • Folding stairs atau tangga lipat 

folding stairs

sumber : pinterest

Tangga rumah minimalis ruang sempit ini didesain agar dapat dilipat saat tidak digunakan. Tangga ini dapat menjadi salah satu inspirasi tangga rumah minimalis jika rumah kamu memiliki ruang sempit.

2. Tangga Melingkar 

tangga melingkar minimalis

sumber : pinterest

Terdapat 2 jenis tangga melingkar, yaitu melingkar berbentuk elips dan tangga melingkar spiral. Perbedaaan yang signifikan pada kedua jenis tangga tersebut adalah bentuk lingkarnya. Jika tangga elips melingkar hanya setengah lingkaran saja tidak penuh, namun jika tangga melingkar spiral ia dibuat berputar melingkar penuh ke atas. Walaupun tangga melingkar ini terlihat sederhana, namun jika didesain dengan tepat akan membuat tampilan rumah kamu menjadi mewah. Berikut beberapa inspirasi tangga rumah minimalis melingkar

  • Floating elips

floating elips

sumber : pinterest

Tangga ini didesain dengan konsep floating dan berbentuk elips. Floating atau flying stairs ini memiliki banyak bentuk, karena konsepnya yang simple sehingga cocok di desain dengan berbagai bentuk.

  • Tangga elips dengan ruang penyimpanan dan ruangan tambahan. 

tangga melingkar minimalis

sumber : pinterest

Pemanfaatan ruang dengan menambahkan lemari atau ruangan tambahan di bawah tangga. Karena bentuknya setengah lingkaran sehingga sangat fleksibel untuk menambahkan ruangan ataupun tambahan lemari di bawah tangganya.

  • Tangga melingkar compact 

tangga minimalis compact

sumber : pinterest

Desain tangga ini biasanya terletak di sudut ruangan rumah, namun tidak jarang pula ada di tengah ruangan. Kamu bisa memadukan material besi dan kayu agar rumah kamu terlihat mewah dengan tangga spiral.

3. Tangga bentuk L

tangga bentuk L

sumber : pinterest

Pasti kamu sering menjumpai model tangga minimalis ini, konsep tangga ini sangat compact sehingga tidak memerlukan space yang terlalu banyak. Ciri konsep tangga bentuk L ini terdapat bordes di bagian tangga yang berbelok, bordes tersebut ditujukan untuk tempat beristirahat sejenak. Untuk hunian pribadi biasanya lebar bordes berukuran 80-100 cm. Model tangga ini juga cocok menjadi tangga rumah minimalis ruang sempit. Ini beberapa model tangga rumah minimalis desain tangga L. 

  • Konsep tangga dengan perpustakaan mini

tangga dengan perpustakaan mini

sumber : pinterest

konsep ini memadukan tangga dengan material kayu dan perpustakaan mini di bagian dinding. Untuk kamu yang punya hobi membaca dan mengoleksi buku pasti kamu akan suka dengan desain tangga dibawah ini.

  • Tangga dengan ruangan di bawahnya

tangga L dengan tambahan

sumber : pinterest

Desain tangga dengan ruangan di bawahnya ini dapat menjadi pilihan untuk rumah kamu yang tidak terlalu besar. Rumah kamu akan memiliki banyak space lebih jika menggunakan desain tangga dibawah ini. 

  • Tangga plus lemari baju 

tangga L dengan lemari baju

sumber : pinterest

Tangga ini didesain dengan menggunakan material kayu dan railing yang menempel di dinding. Pada bagian bordes terdapat kotak yang bisa dibuka untuk dijadikan lemari pakaian atau penyimpanan lainnya.

4. Tangga bentuk U

tangga bentuk U

sumber : pinterest

Bentuk tangga ini menyerupai bentuk tangga L, tangga U sama-sama memiliki bordes di bagian sudut tangga, yang membedakan tangga L dan U yaitu pada arah belokan tangganya. Jika pada tangga L belokan tangga sebesar 90 derajat, namun pada tangga U belokkan tangga sampai 180 derajat. Tangga U juga sering disebut dengan tangga bolak-balik, karena tangga bagian satu dengan lainnya saling berhadap-hadapan. Berikut macam-macam tangga rumah minimalis desain tangga U.

  • Tangga dengan lemari tambahan 

tangga sekaligus lemari

sumber : pinterest

Konsep ini memang cocok digunakan di berbagai macam bentuk tangga, kamu akan menemukan desain tangga dengan lemari tambahan ini di semua model tangga.

  • Tangga minimalis dengan gantungan baju 

tangga dengan gantungan baju

sumber : pinterest

Desain tangga ini full menggunakan material kayu dengan finishing tanpa cat hanya pelitur kayu saja. Tangga ini juga dipadukan dengan gantungan baju yang terbuat dari kayu. Karena menggunakan material full kayu, desain tangga ini akan membuat rumah kamu menjadi terlihat lebih klasik. 

  • Tangga tanpa railing

tangga minimalis tanpa railing

sumber : pinterest

Jika kamu menyukai desain simple untuk rumah kamu, maka desain tangga pada gambar dibawah ini  akan cocok dengan kamu. Tangga ini menggunakan material semen dan di cat putih senada dengan cat bagian interior rumah.

Tips memilih model tangga rumah minimalis 2 lantai

Bagaimana, apakah setelah melihat beberapa model tangga rumah minimalis diatas kamu jadi mempunyai pilihan model yang akan digunakan? Jika belum, maka coba simak tips memilih tangga rumah minimalis yang akan admin jabarkan.

1. Pertimbangkan bentuk rumah dan posisi rumah

Pertama-tama kita harus memahami bahwa tiap rumah memiliki bentuk tanah yang berbeda. Kalau kamu tinggal di apartemen atau perumahan mungkin bentuk rumahnya kebanyakan sama. Namun tidak semua, misalnya rumah hook (rumah yang berada di sudut perumahan dengan 2 sisi terbuka). Tentunya akan berbeda pemilihan desain tangga untuk rumah yang berada di posisi tengah dan rumah yang berada di sudut. Karena secara luas rumah hook biasanya lebih luas dibandingkan rumah yang posisinya ditengah.

2. Keamanan

Ini merupakan poin paling penting saat kamu memilih desain tangga, karena jika salah memilih maka akan membahayakan keamanan anggota keluarga. Ada beberapa pertimbangan yang bisa kamu pikirkan seperti apakah anggota keluargamu terdapat anak kecil, orang difabel, orang tua, orang yang sakit dan lain-lain.

3. Estetika 

Selain untuk membantu kamu menjangkau rumah ke bagian lantai atas tangga juga harus kamu perhatikan secara estetika. Misalnya posisi tangga yang terkena sinar matahari, atau posisi tangga yang berada di ruang tamu.

4. Sesuaikan dengan konsep rumah

Walaupun yang admin tulis di atas semuanya merupakan tangga rumah minimalis, tapi kamu juga harus perhatikan kembali konsep rumah kamu untuk memilih desain tangga yang tepat. Misalnya konsep rumah kamu minimalis tapi mewah, kamu bisa menggunakan tangga melingkar berbentuk elips

5. Sesuaikan dengan budget 

Saat membangun rumah pasti kamu sudah membuat RAB untuk rumah kamu, nah pastikan saat membangun tangga yang kamu mau ini sesuai dengan RAB kamu, dari segi material yang akan digunakan, desain dan ornamen yang digunakan. 

Setelah melihat beberapa inspirasi dan membaca tips dari admin, semoga kamu bisa menentukan desain tangga yang cocok untuk rumah kamu